Welcome Message

Blog ini didedikasikan bagi Masyarakat Dunia Maya Indonesia sebagai Forum Komunikasi antar para penggiat teknologi Dunia Maya agar dapat saling berukar informasi dan perkembangan teknologi Dunia Maya di Indonesia dan di Dunia Global Untuk memberikan Komentar/Tanggapan atas posting di Blog ini, Silahkan Klik icon "?" dan isikan komentar/tanggapan Anda sekalian. Silahkan tekan TAB bila diminta mengisi KODE VERIFIKASI Semoga bermanfaat.

Hari ini Facebook akan melaksanakan Penjualan Saham Perdananya (IPO). Ribuan orang akan jadi milyuner.

0

Posted on : 5:00 PM | By : S Roestam | In : ,

Facebook hari ini akan mulai menawarkan saham perdananya (IPO) dengan target penjualan sekitar US$5 milyat. Tetapi diperkirakan akan dapat mencapai US$100 milyar, jauh lebih besar dari pada IPO Google tahun 2004 yang lalu. Ini karena saat ini jumlah pelanggan FB sudah mencapai 845-juta orang. Jejaring sosial ini sukses besar karena berhasil mengolah situsnya tidak hanya berisikan konten, tetapi yang lebih penting adalah pertemanan yang diciptakannya. "It pays to have friends" kata orang Amerika...

Sukses komersialisasi jejaring sosial FB ini karena telah berhasil menjual ruang iklan di media ini dan penjualan benda-benda virtual melalui situs ini. Belum ada perusahaan didunia saat ini yang bisameningkatkan valuasi sahamnya mencapai US$100 milyar hanya dalam waktu 8-tahun, umur Facebook ini. Penghasilan FB tahun lalu mencapai US$3,7 milyar dan laba bersih sebesar US$1 milyar. Walaupun angka ini hanya 1/10 penghasilan Google, tetapi dalam waktu dekat FB akan dapat menyalip Google.

FB telah merubah pemikiran para entrepreneurs tentang platform bisnis dan sharing. Pencipta software game Zynga yang telah go public tahun lalu memperoleh 90% penghasilannya dari Facebook. Demikian pula banyal software atau konten seperti musik yang telah mendapatkan penghasilan besarnya melalui Facebook. Dari jutaan transaksi melalui Facebook, secara rata-rata tahun lalu FB memperoleh penghasilanm US$1 per pelanggan.

Facebook juga telah menambahkan fitur-fitur baru dalam situsnya, seperti Timeline yang dapat menampilkan sejarah posting tiap pengguna di FB, Ini bisa jadi makin menarik, atau juga bisa jadi  makin tidak menarik bagi pengguna, sebab ada yang merasa tidak nyaman kalau posting masa lalu dapat ditampikan di FB. FB merupakan data prosesor, pengarsipan dan analisis untuk tiap informasi dari pengguna atau kesukaan penguna yang dipakai untuk informasi pemasaran produk atau jasa lain. Rencana FB lainnya adalah menciptakan sarana untuk komunikasi telpon antar pengguna. Hal lain yang akan jadi hambatan FB adalah terlalu banyaknya fitur dan link dalam situs ini akan bisa menjadi gangguan atau "noise" bagi pengguna. Akan terjadi kejenuhan pengguna untuk bergabung dengan Facebook, seperti turunnya pertumbuhan pengguna di banyak negara maju.

Silahkan ditanggapi dan semoga bermanfaat.

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Post a Comment