Welcome Message

Blog ini didedikasikan bagi Masyarakat Dunia Maya Indonesia sebagai Forum Komunikasi antar para penggiat teknologi Dunia Maya agar dapat saling berukar informasi dan perkembangan teknologi Dunia Maya di Indonesia dan di Dunia Global Untuk memberikan Komentar/Tanggapan atas posting di Blog ini, Silahkan Klik icon "?" dan isikan komentar/tanggapan Anda sekalian. Silahkan tekan TAB bila diminta mengisi KODE VERIFIKASI Semoga bermanfaat.

MP3 Clips

Sepuluh alasan mengapa produk2 baru BlackBerry akan gagal

0

Posted on : 6:51 PM | By : S Roestam | In : ,


Tanggal 3 Agustus y.l. RIM mengumumkan akan meluncurkan produk2 baru ponsel BlackBerry yang diklaim akan mempunyai kecepatan lebih tinggi dengan menggunakan Sistem Operasi baru versi-7. Namun para pengamat teknologi meramalkan bahwa ponsel2 baru BlackBerry itu akan gagal dipasarkan dalam melawan produk2 ponsel baru Apple iPhone 5 dan ponsel2 terbaru Android. Ini utamanya disebabkan oleh tidak adanya fitur2 baru di ponsel2 baru BlackBerry, selain dari perubahan sistem operasinya menjadi versi-7.  Berikut ini adalah analisisnya:

  1. Tidak ada fitur2 baru yang dikembangkan di ponsel BB baru.
  2. Sistem Operasi BlackBerry versi 7 tidak banyak beda dengan versi 6, apalagi bila dibandingkan dengan iPhone 5 dan Android baru.
  3. RIM sepertinya tidak memikirkan akan munculnya iPhone 5 dan Android terbaru sebagai pesaingya.
  4. RIM tetap mempertahankan keyboard fisik, padahal para pesaingya umumnya pakai keyboard virtual.
  5. Pelanggan sekarang pintar, memilih produk bukan dari merek, tetapi dari kecanggihan fitur2nya.
  6. Timing peluncuran produk2 baru BlackBerry sudah terlambat 1-bulan. Sekarang semua orang menanti produk iPhone 5 yang baru, bukan lagi BlackBerry...
  7. Konsumer sudah tidak menyukai fitur2 BlackBerry lama, kalau fiturnya tetap sama, pasti tidak ada yang mau beli.
  8. RIM mengandalkan bahwa produknya akan tetap dipakai oleh kalangan bisnis, padahal sekarang asumsi itu sudah tidak berlaku, sebab perusahaan2 sudah membolehkan karyawannya pakai produk iPhone maupun Android sesuai pilihan masing-masing.
  9. RIM ingin mengikuti jejak Apple dengan strategi marketing "push" karena memang Apple selalu meluncurkan produk baru dengan fitur2 yang lebih canggih yang dinanti para pelanggan.. Kalau RIM dengan fitur yang sama, walaupun kecepatan lebih tinggi, maka strateginya akan gagal, karena tidak ada fitur baru yang menarik.
  10. Para developer sudah meninggalkan RIM, sebab produk2nya tidak berubah, statis.
Baru-baru ini RIM telah mengurangi jumlah karyawannya sampai ribuan orang, sebab penghasilannya makin menurun, kalah bersaing dengan ponsel baru Android dan iPhone. Produk RIM BlackBerry kurang laku di Eropa dan Amerika Serikat. Namun yang aneh, produk RIM masih laku di Indonesia.

Silahkan ditanggapi anomali penjualan RIM BlackBerry di Indonesia, mengapa masyarakat Indonesia masih juga melirik produk ini?
Semoga bermanfaat.(sumber: Don Reisinger - eweek.com)

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Post a Comment