Welcome Message

Blog ini didedikasikan bagi Masyarakat Dunia Maya Indonesia sebagai Forum Komunikasi antar para penggiat teknologi Dunia Maya agar dapat saling berukar informasi dan perkembangan teknologi Dunia Maya di Indonesia dan di Dunia Global Untuk memberikan Komentar/Tanggapan atas posting di Blog ini, Silahkan Klik icon "?" dan isikan komentar/tanggapan Anda sekalian. Silahkan tekan TAB bila diminta mengisi KODE VERIFIKASI Semoga bermanfaat.

MP3 Clips

Apa untung-ruginya mematikan Jaringan Internet Nasional? Kasus di Mesir

0

Posted on : 10:01 PM | By : S Roestam | In : ,

Hari Kamis 27 Januari 2011 yang lalu seluruh jaringan Internet di Mesir dimatikan oleh Pemerintahan Presiden Hosni Mubarak, akibat diketahuinya bahwa gerakan demo besar-besaran menetang Pemerintahan Mubarak yang dikomandokan melalui jaringan InternetMesir, khususnya melalui Twitter dan Facebook.

Sekarang tercatat dalam sejarah, bahwa Mesir adalah satu-satunya negara di Dunia yang mematikan jaringan Internet. Padahal, berkali-kali para terorist berusaha keras untuk mematikan jaringan Internet untuk meneror masyarakat, namun selalu saja upaya ini gagal, sebab Internet itu sangat tangguh, yang sejak awal di-disain oleh Departemen Pertahanan AS untuk mampu tetap berkomunikasi saat ada serangan Bom Atom. Internet terdiri dari simpul-simpul jaringan yang banyak sekali, sehingga bila ada satu yang tidak beroperasi, ada yang lain lagi yang dapat menggantikannya.

Pada tahun 2009 di DPR AS juga pernah dibahas sebuah RUU untuk memungkinkan Presiden AS memencet tombol untuk mematikan seluruh jaringan Internet AS, bila sewaktu-waktu diperlukan. Namun RUU ini akhirnya tidak lagi dilanjutkan, karena banyak pihak yang menentang.

Jaringan Internet saat ini memang sangat luas penggunaannya, baik untuk komunikasi antar pribadi, namun jauga lebih banyak lagi sebagai sarana komunikasi bisnis dan transaksi bisnis komersiil. Jadi dengan matinya Internet, maka akan sangat besar kerugian yang akan diderita oleh sebuah negara, contohnya Mesir. Besarnya kerugian ekonomi di Mesir baru akan dapat dihitung setelah Revolusi Mesir ini selesai, mudah-mudahan dalam beberapa hari lagi, dengan bergantinya Pemerintahan Presiden Mubarak dengan Pemerintahan yang lebih demokratis dan terbuka, yang dapat mensejahterakan Rakyat Mesir. Semoga...

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Post a Comment