Welcome Message

Blog ini didedikasikan bagi Masyarakat Dunia Maya Indonesia sebagai Forum Komunikasi antar para penggiat teknologi Dunia Maya agar dapat saling berukar informasi dan perkembangan teknologi Dunia Maya di Indonesia dan di Dunia Global Untuk memberikan Komentar/Tanggapan atas posting di Blog ini, Silahkan Klik icon "?" dan isikan komentar/tanggapan Anda sekalian. Silahkan tekan TAB bila diminta mengisi KODE VERIFIKASI Semoga bermanfaat.

MP3 Clips

Microsoft, Nokia dan MeeGo: Akankan mereka tersingkir dari bisnis Smartphone?

0

Posted on : 10:29 PM | By : S Roestam | In : , , ,

Berita mutakhir dari Silicon Valley menyatakan bahwa pada akhirnya Nokia menyerah dan bermitra dengan musuh bebuyutannya yang sudah sejak lama sekali  diupayakan untuk dihindarinya, yaitu Operating System Windows, dengan menciptakan Symbian Operating System buatan sendiri. Walaupun saat ini Nokia mampu memposisikan dirinya sebagai pembuat ponsel terbesar di dunia, namun dengan munculnya banyak sekali ponsel canggih (Smartphone) yang merambah cepat keseluruh dunia, dari iPhone, BlackBerry dan Android, maka pangsa pasar ponsel Nokia dengan cepat pula tergerus, sebab Symbian adalah Operating System yang hanya bagus untuk ponsel sederhana, dan mencadi sangat kompleks dan mahal kalu harus diterapkan pada Smartphones.

Sebenarnya Nokia dapat memilih Operating System Android yang Open Source dan tanpa harus bayar lisensi, tetapi alasannya memilih Windows Mobile 7 adalah karena ia ingin punya diferenisiasi, sebab sudah banyak sekali ponsel yang memakai Operating System Android.

Salah satu sebab Nokia memilih Microsoft adalah karena CEO-nya yang baru diangkat, yaitu Stephen Elop adalah mantan Eksekutif Microsoft. Alasan Nokia lainnya untuk tidak memilih Android/Google adalah karena Nokia lebih takut kepada Google dari pada Microsoft, yang di masa depan akan mendkitenya. Ini adalah alasan yang masih dapat dipertanyakan keabsahannya.

Kesalahan lain dari Nokia dengan memilih Microsoft adalah karena belum pernah Operating System Microsoft dapat sukses dipakai untuk Ponsel, apalagi untuk Smartphone. Jadi ini merupakan sebuah resiko besar yang dipertaruhkan oleh Nokia untuk dapat menguasai kembali pangsa pasar Ponsel dunia.

Microsoft memang sukses besar sebagai Operating System buat PC dan Laptop, tetapi jumlah Ponsel saat ini yang sudah mencapai lebih dari 5-milyar, jauh diatas jumlah PC dan Laptop. Operating System Microsoft yang pernah dipakainya untuk ponsel adalah Windows CE yang gagal untuk menjadi yang paling populer. Intinya Microsoft belum pernah sukses dalam menyediakan Operating System buat Smartphone layar kecil, apalagi sekarang tren-nya adalah Smarphone layar lebar, seperti Samsung Galaxy Tab dan BlackBerry Play Book. Demikian pula yang saat ini menguasai Smartphone adalah iPhone 4, dengan komplemen-nya iPad.

Nokia telah memutuskan bahwa Operating System lainnya yang pernah dibuat untuk Smarphone layar lebar, seperti MeeGo dan Qt akan segera ditinggalannya, sebab terbukti tidak mampu bersaing.

Jadi berasarkan informasi tersebut diatas, akankah Nokia dan Microsoft akan mampu memunculkan produk Smartphone yang dapat nge-Top dalam dunia layanan seluler, ataukan keduanya akan gagal total dan terpuruk di dunia layanan seluler?

Kita semua akan dapat menyaksikan naik atau turunnya pasangan Nokia-Microsoft dalam beberapa bulan mendatang. Maka bersiap-siaplah para pemilik Smartphone buaatn Nokia, cepat-cepat saja dijual murah sebelum tidak laku karena kalah bersaing di dunia layanan seluler yang hiperkompetitif persaingannya.

Silahkan ditanggapi dan semoga bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Post a Comment