Welcome Message

Blog ini didedikasikan bagi Masyarakat Dunia Maya Indonesia sebagai Forum Komunikasi antar para penggiat teknologi Dunia Maya agar dapat saling berukar informasi dan perkembangan teknologi Dunia Maya di Indonesia dan di Dunia Global Untuk memberikan Komentar/Tanggapan atas posting di Blog ini, Silahkan Klik icon "?" dan isikan komentar/tanggapan Anda sekalian. Silahkan tekan TAB bila diminta mengisi KODE VERIFIKASI Semoga bermanfaat.

MP3 Clips

CYBER WAR dimulai: AS menuduh Cina mengalihkan Traffic Internet selama 18-menit

0

Pemerintah AS menuduh Pemerintah Cina mengalihkan 15% traffic Internet Global selama 18-menit, dimana dalam waktu yang relatif singkat itu 5000 domain name terpengaruh, dan data-data rahasia dari Pemerintah AS telah berhasil di-akses. Informasi ini disampaikan oleh Kevin Anderson, Technology Journalist dari AS.

Pemerintah Cina balik menuduh Pemerintah AS bahwa AS masih terpengaruh oleh Mentalitas Perang Dingin yang dialaminya di masa kejayaan Pemerintahan Komunis Uni Sovyet tahun 1950-1980-an

Perusahaan Anti-Virus McAfee juga menyatakan bahwa akan makin banyak serangan-serangan di Dunia Maya dalam waktu dekat ini.

Awal tahun ini juga ada berita tentang serangan Cyber ke Reaktor-reaktor Nuklir Iran yang disebabkan adanya celah security dalam perangkat centrifuge pemrosesan Uranium buatan Siemens. Virus komputer yang digunakan untuk menyerang Sistem Reaktor Nuklir Iran itu bernama STUXNET, yang dijuluki "Super Cyber Weapon".

Pada bulan Oktober yang lalu, Arnold Schwarznegger Gubernur California, USA, melakukan kunjungan kerjasama ke Moscow, Rusia, dan hasilnya satu orang tokoh Spammer dunia asal Rusia bersedia menghentikan aktivitasnya. Ini dapat dideteksi dari turunnya Volume eMail Spam sebesar 100 milyar email per hari dari sebelumya yang berjumlah total 300 milyar email Spam per hari.

Minggu depan Secretary of State AS Hillary Clinton akan mengadakan pertemuan dengan Uni Eropa untuk membahas masalah Cyber War ini dan cara-cara pencegahannya. Serangan Cyber ini memang bisa cukup membahayakan existensi suatu negara. Selain dapat mencuri informasi penting dan rahasia dari suatu negara, serangan itu dapat pula merusak atau mematikna sistemsistem komputer nasional, mematikan jaringan listrik nasional, dan lain-lain lagi yang dapat mengakibatkan dampak yang luas.

Salah satu yang dapat dilakukan secara internasional adalah dengan menyusun sebuah Treaty atau Konvensi Cyber Security tingkat internasional oleh PBB.

Sebagai catatan kecil, bahwa sampai saat ini para pemakai komputer dengan Operating System Linux atau Open Source hampir tidak pernah kena serangan virus yang merusak data-data yang tersimpan dalam Komputer. Selain dapat menghemat biaya lisesnsi, memang sistem ini juga sangat aman untuk dipergunakan bagi masyarakat Indonesia.

Silahkan ditanggapi dan semoga bermanfaat.

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Post a Comment