Welcome Message

Blog ini didedikasikan bagi Masyarakat Dunia Maya Indonesia sebagai Forum Komunikasi antar para penggiat teknologi Dunia Maya agar dapat saling berukar informasi dan perkembangan teknologi Dunia Maya di Indonesia dan di Dunia Global Untuk memberikan Komentar/Tanggapan atas posting di Blog ini, Silahkan Klik icon "?" dan isikan komentar/tanggapan Anda sekalian. Silahkan tekan TAB bila diminta mengisi KODE VERIFIKASI Semoga bermanfaat.

BRTI: Google datang ke Indonesia untuk cari Iklan dan Duit

0

Posted on : 11:36 PM | By : S Roestam | In : ,

BRTI menilai Google harus diperlakukan sebagai penyedia konten yang pendapatannya bergantung pada rating. Tujuan Google mendirikan kantor di Indonesia adalah mencari iklan dan menjadikannya sebagai pasar. Perlu strategi agar operator pun menikmati keuntungan dari meningkatnya trafik layanan Google.

Itulah kesimpulan yang diambil oleh BRTI tentang kehadiran Raksasa Dunia Maya Google, dan juga para pemain  dunia maya lainnya yang berlomba-lomba masuk ke pasar Indonesia.

Jelas mereka datang ke Indonesia bukan sebagai filantrofis atau dermawan yang akan akan membagi-bagi kekayaan mereka kepada rakyat Indonesia, tetapi mereka datang sebagai pebisnis biasa, yang ujung-ujungnya adalah untuk menambah kocek mereka sendiri (UUD).

Jadi kita sependapat dengan BRTI, bahwa perlakuan bagi Google dan kawan2nya adalah perlakuan sebagai pebisis biasa lainnya, tidak lebih dan tidak kurang. Mereka adalah Content Provider yang berbisnis untuk mendapatkan keuntungan dan ingin menguasai pasar domestik di Indonesia, khususnya pasar iklan di Dunia Maya. Daya tarik Indonesia bagi mereka adalah karena besarnya jumlah penduduk Indonesia, yaitu 250 juta orang yang menempati urutan ke-empat negara dengan penduduk terbesar di dunia.

Selain dari pada itu, masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal dan menggunakan Internet, baik secara sadar maupn tidak sadar, sebab baik itu facebook, twitter dan blogs adalah berbasiskan Internet, terutama di Indonesia berbasiskan jaringan pita lebar bergerak (mobile broadband) dan perangkat terminal ponsel.

Kehadiran tamu2 asig itu di Indonesia itu tentu akan berdampak makin ramainya trafik Internet atau data di Indonesia, dimana para penyelenggara jaringan telekomunikasi Indonesia harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan pita data yang makin berkecepatan tinggi dan investasi modal perangkat jaringan yang makin besar, namun dengan imbalan revenue yang mengecil per Megabyte data yang ditransmisikan.

Demi keadilan bisnis, maka BRTI perlu membuat aturan agar para pemain baru OTT (Over-the-Top) itu turut menyumbang biaya yang telah dikeluarkan oleh para penyelenggara jaringan telekomunikasi domestik Indonesia untuk kelancaran lalulintas daat/internet dan kepuasan pelanggan.

Cara lain adalah dengan mewajibkan para pemain OTT itu menempatkan perangkat dan server mereka di Indonesia untuk mempercepat transmisi sever-pelanggan dan menghemat biaya saluran sewa data ke luar negeri.

Namun tidak kalah pentingnya adalah membiasakan budaya masyarakat Indonesia agar lebih mencintai produk dalam negeri untuk beriklan. Banyak sekali situs-situs untuk pasang iklan di dalam negeri milik anak-anak bangsa, seperti:

http://e-iklanbaris.com
http://kliklan.com
http://pasangiklancepat.com

Silahkan mencobanya untuk pasang iklan di Dunia Maya secara gratis....untuk memajukan bisnis para UKM dan pengusaha individu..

Semoga bermanfaat.

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Post a Comment