Welcome Message

Blog ini didedikasikan bagi Masyarakat Dunia Maya Indonesia sebagai Forum Komunikasi antar para penggiat teknologi Dunia Maya agar dapat saling berukar informasi dan perkembangan teknologi Dunia Maya di Indonesia dan di Dunia Global Untuk memberikan Komentar/Tanggapan atas posting di Blog ini, Silahkan Klik icon "?" dan isikan komentar/tanggapan Anda sekalian. Silahkan tekan TAB bila diminta mengisi KODE VERIFIKASI Semoga bermanfaat.

MP3 Clips

BEBO - Kisah naik-turunnya sebuah Jejaring Sosial. Persoalan Marketing ataukah Hoki?

0

Posted on : 1:05 PM | By : S Roestam | In : , ,

Bebo, jejaring sosial yang kepopulerannya melesat tinggi pada saat diluncurkannya tahun 2005, akhirnya harus menerima kenyataan bahwa jejaring sosial ini kalah bersaing dengan pendatang baru, yaitu Facebook. Bebo adalah sebuah kata singkatan, yaitu Blog Early, Blog Often, sebuah himbauan yang bagus bagi para anggotanya.

Cara kerja kedua jejaring sosial itu tidak banyak perbedaannya. Namun mengapa Bebo kalah dari Facebook. Kemungkinannya, Bebo kurang dipromosikan, sehingga pamornya makin meredup. Ataukah memang Hoki Bebo kurang dibanding dengan Facebook?

Tahun 2008 Bebo dibeli oleh AOL, ISP Amerika yang pertamakalinya beroperasi dan masih memilki pangsa pasar yang cukup besar saat ini di negeri itu. Harag beli Bebo saat itu adalah US$ 850 juta, sebuah jumlah yang fantastis bagi masyarakat Indonesia, sebab Bebo awalnya hanya dikerjakan oleh sepasang suami-istri dari rumah mereka, yaitu Michael Birch dan Xochi Birch.

Setelah dioperasikan selama 2 tahun oleh AOL, ternyata jumlah anggota Bebo malah makin menurun, dan AOL sudah bersiap untuk merugi dengan menjual situs jejaring sosial ini.

AOL berhasil memperoleh pembeli, yaitu sebuah investor pivat, Criterion Capital Partners seharga hanya US$10 juta. Ini berarti AOL telah menderita kerugian sebesar US$840 juta. Sebuah pelajaran berharga bagi kita semua. Transaksi jual-beli Bebo dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2010.

Pada tanggal 25 Mei 2010, situs jejaring sosial Indonesia yang sedang menanjak naik dengan jumlah anggota sebanyak 80.000 orang, yaitu Koprol.com dibeli oleh Yahoo.com. Apakah Koprol.com akan mengalami nasib serupa dengan Bebo.com? Mudah-mudahan para pengelola baru Koprol.com dapat belajar dari pengalaman kegagalan AOL dalam mengelola Bebo.com. Jadi semuanya tergantung pinta-pintarnya pengelola baru itu. Ataukah ada juga peran Hoki disini?

Silahkan ditanggapi.

--------------- Referensi berita -------------

Bebo is a social networking website launched in July 2005 and, from 2008 until 2010, operated and privately owned by AOL Inc. The website's name is an acronym for Blog Early, Blog Often.[2] Users receive a personal profile page where they can post blogs, photographs, music, videos and questionnaires to which other users may answer. Additionally, users may add others as friends and send them messages, and update their personal profiles to notify friends about themselves.[1]

Bebo was founded by Michael Birch and his wife Xochi Birch in January 2005 at their home in San Francisco.[1]

It was acquired by AOL on March 13, 2008 for $850 million.[3][4] In April 2010, AOL announced it is planning to sell or shut down Bebo,[5] with the sale being completed on June 17, 2010 to Criterion Capital Partners for an undisclosed sum

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Post a Comment