Welcome Message

Blog ini didedikasikan bagi Masyarakat Dunia Maya Indonesia sebagai Forum Komunikasi antar para penggiat teknologi Dunia Maya agar dapat saling berukar informasi dan perkembangan teknologi Dunia Maya di Indonesia dan di Dunia Global Untuk memberikan Komentar/Tanggapan atas posting di Blog ini, Silahkan Klik icon "?" dan isikan komentar/tanggapan Anda sekalian. Silahkan tekan TAB bila diminta mengisi KODE VERIFIKASI Semoga bermanfaat.

MP3 Clips

2010: Tahun Revolusi Media Jejaring Sosial untuk Indonesia yang lebih baik

0

Posted on : 11:56 PM | By : S Roestam | In : ,

Tahun 2009 baru saja berlalu. President & CEO Internet Society, Lynn St.Amour menyebutnya sebagai "Year of Achievement" untuk menandai berbagai keberhasilan layanan Internet dalam percepatan pembangunan di berbagai pelosok dunia, termasuk Indonesia.

Bagi Indonesia tahun 2009 juga merupakan "Year of Achievement" dengan ditembusnya jumlah pelanggan telpon seluler sebanyak 160-juta pelanggan, yang juga dapat dipakai untuk komunikasi di media jejaring sosial Internet, sebab hampir semua Handphone (HP) yang dipakai dapat mengkases media baru itu, baik melalui SMS ataupun aplikasi Facebook dan messaging lainnya yang sudah terpasang (imbedded applications) atau dapat di-install kemudian.

160-juta pemakai HP adalah 66% penduduk Indonesia yang jumlahnya 240-juta orang, ini kalau kita pakai asumsi tiap penduduk hanya punya 1-HP. Walaupun bagaimana juga, jumlah ini adalah meupakan kekuatan yang sangat dahsyat untuk dapat melakukan suatu perubahan di negeri ini kearah yang lebih baik.

Mulai tahun 2010 ini, tiap HP yang dijual sudah menyediakan fasilitas jejaring sosial dengan harga Rp 1-juta atau kurang, yang tak kalah canggih dengan HP BlackBerry ataupun Nokia yang dikenal mahal. Manfaat HP-HP tersebut akan berlipat kali lagi bilamana cara-cara penggunaan aplikasi2 tersebut disosialisasikan secara baik dan luas.

Mengapa kami ingin memfokuskan penggunaan jejaring sosial bagi perbaikan di Indonesia? Sebab sudah terbukti diluar negeri maupun di Indonesia, hanya hal-hal yang baik, yang bermanfaat bagi komunitas dan masyarakat Indonesia-lah yang akan didukung dan dilaksanakan, bukan hal-hal yang buruk, menyesatkan atau merugikan masyarakat. Hanya kebenaran yang hakiki yang akan exist di media jejaring sosial.

Oleh karena itu kami himbau agar para pemilik HP untuk segera bergabung dalam komunitas jejaring sosial yang makin menentukan masa depan bangsa ini tanpa harus menambah biaya, sebab diberikan secara gratis, yaitu: http://www.facebook.com, http://www.twitter.com, dan http://www.plurk.com. Bagi yang enggan menggunakan browser, maka dapat pula memanfaatkan sarana RSS (Really Simple Syndication) yang akan memberikan anda ringkasan aktivitas-aktivitas di jejaring sosial setiap saat ada perobahan.

Keuntungan dari Pejabat Publik dan Top Executives perusahaan untuk bergabung di jejaring sosial sangat banyak, diantaranya adalah dapat diperolehnya umpan balik apakah kebijakannya, ucapannya, strateginya, program kerjanya mendapat dukungan masyarakat luas atau tidak, sehingga Ia dapat segera memperbaikinya atau menyesuaikannya agar dicapai hasil yang lebih baik dan mendapat dukungan penuh masyarakat, demi kemajuan bangsa dan negara.

Dalam catatan kami, baru Menkominfo Bapak Tifatul Sembiring yang bergabung aktif di jejaring sosial. Ini sebuah langkah yang tepat, tinggal satu langkah lagi pak Tif, instruksikan seluruh jajaran Kominfo untuk mengikuti jejak langkah Bapak. Pejabat publik lainnya yang patut dicontoh adalah Bapak Eddy Satriya, Asdep Menko Perekonomian dan Bapak Heru Sutadi, Anggota BRTI. Dari kalangan eksekutif perusahaan telekomunikasi baru ada beberapa yang aktif, yaitu Bapak Rakhmat Junaidy, Bapak Eric Mayer, Bapak Marcelus Ardiwinata, Bapak Teguh Prasetyo, Bapak Hermanuddin, dan lainnya yang terlihat aktif.

Bagi perusahaan Telekomunikasi, kemajuan pesat layanan jejaring sosial melalui Internet dan HP akan meningkatkan trafik komunikasi data, penambahan jumlah pelanggan dan akhirnya meningkatkan pendapata perusahaan.

Marilah kita jadikan tahun 2010 menjadi tahun Media Jejaring Sosial untuk menciptakan Indonesia yang semakin baik dalam mempercepat tercapainya masyarakat Indonesia yang aman, tenteram, adil, makmur dan sejahtera bagi seluruh warganya.

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Post a Comment